Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2021

Kelas 10 IPA 3, Konsep mol

Gambar
  Konsep Mol, Massa Molar dan Volume Molar Diperlukan suatu konversi yang menghitung jumlah partikel yang kita ukur. Dalam ilmu kimia, konversi tersebut dikenal dengan mol.    Satu m ol didefinisikan sebagai banyaknya suatu zat (gram/L) yang mengandung identitas dasar berupa atom, mol, atau partikel lain sebanyak atom yang terdapat dalam 12 gram atom C-12 , sedangkan m assa 1 atom C-12  adalah  1,999268 x 10 -23 Jadi standar mol adalah 12 gram C-12. Melalui berbagai percobaan, Loscmith menemukan  Jumlah partikel yang terdapat dalam 12 gram atom C-12 yaitu : Artinya, bahwa dalam 1 mol terdapat   6,02 x 10 23 partikel, yang selanjutnya disebut bilangan Avogadro yang dinyatakan dengan lambang L. Terdapat h ubungan jumlah mol dengan jumlah partikel  yaitu sebagai berikut: Jumlah partikel = jumlah mol x bilangan Avogadro n = mol Sedangkan h ubungan mol dengan massa zat  yaitu sebagai berikut: n= mol, mm= masa molar atau Mr Contoh:  1. Untuk membuat 2 mol urea diperlukan berapa gram pupuk ur

Kelas 10 IPA 1, Konsep Mol

Gambar
  Konsep Mol, Massa Molar dan Volume Molar Diperlukan suatu konversi yang menghitung jumlah partikel yang kita ukur. Dalam ilmu kimia, konversi tersebut dikenal dengan mol.    Satu m ol didefinisikan sebagai banyaknya suatu zat (gram/L) yang mengandung identitas dasar berupa atom, mol, atau partikel lain sebanyak atom yang terdapat dalam 12 gram atom C-12 , sedangkan m assa 1 atom C-12  adalah  1,999268 x 10 -23 Jadi standar mol adalah 12 gram C-12. Melalui berbagai percobaan, Loscmith menemukan  Jumlah partikel yang terdapat dalam 12 gram atom C-12 yaitu : Artinya, bahwa dalam 1 mol terdapat   6,02 x 10 23 partikel, yang selanjutnya disebut bilangan Avogadro yang dinyatakan dengan lambang L. Terdapat h ubungan jumlah mol dengan jumlah partikel  yaitu sebagai berikut: Jumlah partikel = jumlah mol x bilangan Avogadro n = mol Sedangkan h ubungan mol dengan massa zat  yaitu sebagai berikut: n= mol, mm= masa molar atau Mr Contoh:  1. Untuk membuat 2 mol urea diperlukan berapa gram pupuk ur

Kelas 10 IPA2, Konsep mol

Gambar
Konsep Mol, Massa Molar dan Volume Molar Diperlukan suatu konversi yang menghitung jumlah partikel yang kita ukur. Dalam ilmu kimia, konversi tersebut dikenal dengan mol.   Satu m ol didefinisikan sebagai banyaknya suatu zat (gram/L) yang mengandung identitas dasar berupa atom, mol, atau partikel lain sebanyak atom yang terdapat dalam 12 gram atom C-12 , sedangkan m assa 1 atom C-12 adalah 1,999268 x 10 -23 Jadi standar mol adalah 12 gram C-12. Melalui berbagai percobaan, Loscmith menemukan Jumlah partikel yang terdapat dalam 12 gram atom C-12 yaitu : Artinya, bahwa dalam 1 mol terdapat  6,02 x 10 23 partikel, yang selanjutnya disebut bilangan Avogadro yang dinyatakan dengan lambang L. Terdapat h ubungan jumlah mol dengan jumlah partikel yaitu sebagai berikut: Jumlah partikel = jumlah mol x bilangan Avogadro n = mol Sedangkan h ubungan mol dengan massa zat yaitu sebagai berikut: n= mol, mm= masa molar atau Mr Contoh:  1. Untuk membuat 2 mol urea diperlukan berapa gram pupuk urea

Koloid Pelindung, kelas 11 IPS 1

Gambar
  KOLOID PELINDUNG Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                              : XI IPS 3 dan XI IPS 2 Materi                         : KOLOID KD                                   : 3.8 Menganalisis peran koloid pelindung dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya Tujuan Pembelajaran          : Diharapkan siswa dapat mengetahui dan peran koloid pelindungKoloid pelindu Assalamualaikum anak-anaku sekalian... Apa kabarnya anakku sekalian, mudah-mudahan dalam keadaan terjaga iman islamnya, semoga selalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini. Koloid pelindung adalah koloid yang ditambahkan kedalam suatu sistem koloid yang akan melindungi sistem koloid tersebut dari koagulasi.  Pada beberapa proses, suatu koloid harus dipecahkan. Misalnya, koagulais lateks. Dilain pihak, koloid perlu dijaga supaya tidak rusak. Suatu koloid dapat distabilkan dengan menambahkan koloid lain yang disebut koloid pelindung. Koloid pelindung ini

Koloid pelindung, kelas 11 IPS 2 dan 11 IPS 3

Gambar
KOLOID PELINDUNG Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                              : XI IPS 3 dan XI IPS 2 Materi                         : KOLOID KD                                   : 3.8 Menganalisis peran koloid pelindung dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya Tujuan Pembelajaran          : Diharapkan siswa dapat mengetahui dan peran koloid pelindungKoloid pelindu Assalamualaikum anak-anaku sekalian... Apa kabarnya anakku sekalian, mudah-mudahan dalam keadaan terjaga iman islamnya, semoga selalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini. Koloid pelindung adalah koloid yang ditambahkan kedalam suatu sistem koloid yang akan melindungi sistem koloid tersebut dari koagulasi. Pada beberapa proses, suatu koloid harus dipecahkan. Misalnya, koagulais lateks. Dilain pihak, koloid perlu dijaga supaya tidak rusak. Suatu koloid dapat distabilkan dengan menambahkan koloid lain yang disebut koloid pelindung. Koloid pelindung ini ak

Penyetaraan reaksi, Kelas 10 IPS 2

Gambar
   Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Penyetaraan Persamaan Reaksi Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                              : X IPS 2 Materi                           : Konsep persamaan reaksi KD                                   :  Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia Tujuan Pembelajaran: Diharapkan setelah mempelajari konsep persamaan reaksi siswa mampu menuliskan persamaan reaksi dengan benar. Assalamualaikum.... Apa kabarnya anakku sekalian, mudah-mudahan dalam keadaan terjaga iman islamnya, semoga selalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini. Penyetaraan persamaan reaksi adalah sesuai dengan hukum kekekalan massa Lavoisier dan teori atom Dalton. Menurut hukum Lavoisier pada reaksi kimia tidak terjadi perubahan massa. Artinya jumlah dan jenis atom di ruas kiri (reaktan) sama dengan jumlah atom di ruas kanan (produk). Sesuai teori atom