Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2022

XI ips 2, Campuran dan koloid

   Assalamualaikum anak-anaku sekalian... Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                              : XI IPS2 KD                                   : 3.14  Memahami dan menerapkan konsep koloid dalam kehidupan sehari-hari Tujuan Pembelajaran          : Diharapkan siswa setelah memmpelajari konsep materi campuran dan koloid siswa dapat membedakan campuran yang tergolong koloid dan bukan koloid. Campuarn terbagi menjadi dua sifat, yaitu bersifat homogen dan heterogen. Campuran dikatakan homogen apabila campuran tersebut tidak dapat dibedakan antara komponen yang satu dengan yang lainnya, memiliki sifat setabil artinya tidak memisah walaupun didiamkan untuk beberapa waktu, dan tidak meninggalkan residu atau endapan dan tidak dapat disaring walau menggunakan saringan ultra, sebaliknya untuk campuran yang bersifat heterogen.  Campuran dikatakan heterogen apabila campuran tersebut masih dapat dibedakan antara komponen yang satu dengan yan

Kelas 10 ipa 5, satuan konsentrasi

Guru mapel       :  Siti maysaroh Mapel                 : Kimia Kelas                  : X ipa 5 Materi               : Satuan konsentrasi KD                     : 3.7. Mendeskripsikan satuan konsentrasi, membedakan hukum_hukum dasar kimia serta penerapan hukum dasar konsentrasi dalam persamaan reaksi Materi: Dalam perhitungan kimia dan persamaan reaksi selalu melibatkan jumlah atau banyaknya zat yang direaksikan, Untuk itu diperlukan satuan-satuan konsentrasi untuk menentukan banyaknya jumlah zat yang direaksikan atau yang dihasilkan dalam reaksi kimia. Berikut adalah satuan-satuan konsentrasi yang umum digunakan dalam perhitungan kimia. 1. Mol  = gram/Mr atau Ar  = jumlah partikel / bilangan Avogadro  = Volume (Lt)/ 22,4 2. Molaritas ( M) = mol/volume ( Lt) larutan 3. Molalitas (m) = mol/ kg pelarut       

Kelas XI ips 3, Campuran dan koloid

 Assalamualaikum anak-anaku sekalian... Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                              : XI IPS3 KD                                   : 3.14  Memahami dan menerapkan konsep koloid dalam kehidupan sehari-hari Tujuan Pembelajaran          : Diharapkan siswa setelah memmpelajari konsep materi campuran dan koloid siswa dapat membedakan campuran yang tergolong koloid dan bukan koloid. Campuarn terbagi menjadi dua sifat, yaitu bersifat homogen dan heterogen. Campuran dikatakan homogen apabila campuran tersebut tidak dapat dibedakan antara komponen yang satu dengan yang lainnya, memiliki sifat setabil artinya tidak memisah walaupun didiamkan untuk beberapa waktu, dan tidak meninggalkan residu atau endapan dan tidak dapat disaring walau menggunakan saringan ultra, sebaliknya untuk campuran yang bersifat heterogen.  Campuran dikatakan heterogen apabila campuran tersebut masih dapat dibedakan antara komponen yang satu dengan yang

Kelas 10 IPS 1 dan 10 ips 2, Menghitung Masa molekul relatif (Mr)

Gambar
 Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                              : X IPS 1 dan X IPS 2 Materi                           : Konsep Mr ( Massa molekul relatif) KD                                   :  Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia Tujuan Pembelajaran: Diharapkan setelah mempelajari konsep dasar massa molekul relatif siswa mampu menghitung Masa molekul relatif. Assalamualaikum.... Apa kabarnya anakku sekalian, mudah-mudahan dalam keadaan terjaga iman islamnya, semoga selalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini. Massa molekul relatif Anda tentu sudah mengenal istilah molekul, dimana molekul merupakan salah satu partikel penyusun materi. Sama halnya seperti atom, molekl sebagai partikel penyusun materi tentu memiliki massa juga. Sama halnya seperti atom, massa dari molekul juga tidak dapat diukur dengan neraca.

XI ips 1, Pembahasan soal PTS

  Guru mapel            : Siti maysaroh Mapel                       : Kimia Kelas                        : XI ips1 Materi                     : Larutan asam basa dan teori asam basa serta reaksi asam basa Langkah pembelajaran: 1. Memperhatikan soal PTS yang telah dikirimkan melalui WAG kelas 2. Memilih no. soal-soal yang dianggap sulit untuk dapat dibahas bersama dikelas.

Kelas 12 ips 3, persiapan us

 Guru mapel              : Siti Maysaroh, spd Kelas                       : XII IPS 3 Materi                    : Perbaikan LUS / Pemantapan persiapan US    Tugas  : Memperbaiki nilai LUS dengan cara membuat penyelesaain/ langkah / uraian jawaban berdasarkan soal LUS yang sudah dikirimkan di WA Grup kelas. 

10 ipa 3 dan 10 ips 1, latihan pembahasan soal persiapan PtS

  Guru mapel       : Siti maysaroh Mapel                  : Kimia Kelas                   : X ipa 3 dan x ips 1 Materi                : Larutan elektrolit dan non elektrolit, Reaksi redok, dan Tata nama senyawa. Langkah pembelajaran Berdoa kepada Alloh agar dimudahkan dalam menjawab soal. Persiapkan materi / buku cetak sebelum pembahasan soal dimulai, dan mengisi referensi/ kehadiran sebagai tanda kalian sudah siap mengikuti pjj. Membuka buku cetak sesuai halaman yang diminta/ mencermati soal-soal nya yang diberikan guru mapel melalui WAG saat waktu pjj  Mengerjakan soal - soal tersebut, jika mengalami kendala atau kesulitan dalam menjawab soal untuj segera konfirmasi ke guru mapel untuk mendapatkan pengarahan/ bimbingan dalam pengerjaan soal tersebut

Kelas 10 ipa 4 dan 10 ipa 5, pembahasan soal-soal persiapan PTS

 Guru mapel       : Siti maysaroh Mapel                  : Kimia Kelas                   : X ipa Materi                : Larutan elektrolit dan non elektrolit, Reaksi redok, dan Tata nama senyawa. Langkah pembelajaran Berdoa kepada Alloh agar dimudahkan dalam menjawab soal. Persiapkan materi / buku cetak sebelum pembahasan soal dimulai, dan mengisi referenai/ kehadiran sebagai tanda kalian sudah siap mengikuti pjj. Membuka buku cetak sesuai halaman yang diminta/ mencermati soal-soal nya yang diberikan guru mapel melalui WAG saat waktu pjj  Mengerjakan soal - soal tersebut, jika mengalami kendala atau kesulitan dalam menjawab soal untuj segera konfirmasi ke guru mapel untuk mendapatkan pengarahan/ bimbingan dalam pengerjaan soal tersebut

Kelas 10 IPS2, Tata nama senyawa poliatomik

   Guru mapel    : siti maysaroh Mapel               : kimia Kelas                : x ips 1 Materi            : tata nama senyawa Poliatomik Kd      3.9. Menuliskan nama senyawa biner dan poliatomik dengan benar sesuai dengan aturan iupac  Guru mapel    : siti maysaroh Mapel               : kimia Kelas                : x ips 2 Materi            : tata nama senyawa biner Kd      3.9. Menuliskan nama senyawa biner dan poliatomik dengan benar sesuai dengan aturan iupac B. Senyawa poliatomik merupakan gabungan lebih dari dua jenis unsur yang berbeda, seperti HNO3, H2SO4, CaCO3 dan lain-lain. Tata nama senyawa poliatomik = nama kation + nama anion

Kelas 11 ips 1 dan 11 IPS 3, UB 1

 Guru mapel : siti maysaroh Kelas               : XI ips 1 dan XI ips 3 Mapel             : kimia Materi           : Asam basa Silahkan mengerjakan ulqngan hariqn di google form melalui link yang akan ibu kirimkqn di WA grup

Kelas 12 IPS 1, an 12 IPS 2, Perbaikan LUS

Guru mapel              : Siti Maysaroh, spd Kelas                       : XII IPS  Materi                    : Perbaikan LUS    Tugas  : Memperbaiki nilai LUS dengan cara membuat penyelesaain/ langkah / uraian jawaban berdasarkan soal LUS yang sudah dikirimkan di WA Grup kelas. 

Kelas 12 IPA 2, Asam Amino

  Guru mapel        : siti maysaroh Mapel                   : kimia Kelas                    : 12 ipa 2 Materi                 : Asam amino Kd. 3.8    Mendeskripsikan pengertian asam amino, sifat asam amino serta manfaat asam amino Tujuan           : peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari asama amino, sifat asam amino dan manfaat asam amino dalam tubuh manusia Materi Asam amino merupakan senyawa turunan dari amina. Amina merupakan turunan dari amonia Asam amino terbagi menjadi 2 Asam amino esensial  Asam amino non esensial Asam amino memiliki banyak manfaat dalam tubuh, diantaranya dapat menyehatkan jantung, menguatkan rambut, menguatkan otot, mengatur hormon dan segudang manfaat lainnya. Tugas : 1. Carilah rumus umum dari struktur asam amino 2. silahkan carilah pengertian dari asam amino esensial dan asam amino non esensial. 3. Terdapat kurang lebih 20 senyawa asam amino di alam, silahkan kelompokkan nama-nama asam amino apa sajakah yang termasuk ke dalam kelompok asam amino

Kelas 10 ips 1 dan 10 ips 2

  Guru mapel    : siti maysaroh Mapel               : kimia Kelas                : x ips 1 Materi            : tata nama senyawa Poliatomik Kd      3.9. Menuliskan nama senyawa biner dan poliatomik dengan benar sesuai dengan aturan iupac  Guru mapel    : siti maysaroh Mapel               : kimia Kelas                : x ips 1 dan x ips 2 Materi            : pembahasan soal PTS semester genap, larutan elektrolit dan non elektrolit- tata nama senyawa biner dan poliatomik

Kelas 10 ipa 4 dan 10 ipa 5, Tata nama senyawa biner dan poliatomik

Gambar
   Guru mapel    : siti maysaroh Mapel               : kimia Kelas                : x ipa 4 dan X ipa 5 Materi            : tata nama senyawa biner Kd      3.9. Menuliskan nama senyawa biner dan poliatomik dengan benar sesuai dengan aturan iupac A. Senyawa biner merupakan senyawa yang tergabung dari dua jenis unsur saja, contoh NaCl, HCl, H2S dan lain- lain Senyawa biner terbagi menjadi 2: Unsur logam dengan Non Logam Unsur non logam dengan unsur non logam Tata nama atau cara memberi nama senyawa biner Unsur Logam dengan Non logam Nama unsur logam + awalan unsur non logam - ahiran ida                                                                                                               Lihat buku cetak (Mediatama) halaman: 137-144       2. Unsur non logam dengan unsur non logam indeks ke1 + unsur ke 1 + indeks ke 2 + unsur ke2 Ahiran ida. Note: jika indek ke1 =  angka 1, maka abaikan Indeks menggunakan angka yunani: jika 1= mono                                 4= tetra        2=

Kelas 12 ipa1, Alkanon/ Keton

    Assalamualaikum anak-anaku sekalian... Guru bidang study     : Siti Maysaroh, S.Pd Mata pelajaran           :  Kimia Kelas                                 : XII IPA 1 Materi                       : Alkanon / keton Materi: Alkanon memiliki rumus umum sama dengan Aldehid/ Alkanal hanya saja memiliki struktur atau terikatnya atom-atom berbeda, sehingga memiliki sifat yang berbeda dari aldehid. Sebenarnya untuk tata nama tidak jauh berbeda, letak perbedaan hanya pada saat pemberian nomor terendah pada induk. Perbedaan aldehid/alkanal dengan alkanon/keton: Aldehid bereaksi dengan PCl3, keton tidak bereaksi dengan PCl3 Aldehid dapat mereduksi fehling dan tollen, keton tidak dapat mereduksi fehling dan tollen.

kELAS 10 ips 2, Tata nama senyawa Biner

  Guru mapel    : siti maysaroh Mapel               : kimia Kelas                : x ips 2 Materi            : tata nama senyawa biner Kd      3.9. Menuliskan nama senyawa biner dan poliatomik dengan benar sesuai dengan aturan iupac A. Senyawa biner merupakan senyawa yang tergabung dari dua jenis unsur saja, contoh NaCl, HCl, H2S dan lain- lain Senyawa biner terbagi menjadi 2: Unsur logam dengan Non Logam Unsur non logam dengan unsur non logam Tata nama atau cara memberi nama senyawa biner Unsur Logam dengan Non logam Nama unsur logam + awalan unsur non logam - ahiran ida Lihat buku cetak (Mediatama) halaman: 137-144       2. Unsur non logam dengan unsur non logam indeks ke1 + unsur ke 1 + indeks ke 2 + unsur ke2 Ahiran ida. Note: jika indek ke1 =  angka 1, maka abaikan Indeks menggunakan angka yunani: jika 1= mono                                 4= tetra        2= di                                       5= penta        3= tri                                      6= heksa