Kelas 11 ips 3, konsep Laju reaksi
Guru bidang study : Siti maysaroh, s.pd
Mata pelajaran : Kimia
Kelas : XI ips3
Materi : Konsep Lajau reaksi
KD 3.6 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Tujuan Pembelajaran : Diharapakan setelah mempelajari konsep laju reaksi siswa dapat menjelaskan pengertian laju reaksi, dapat membedakan antar zat yang disebut perekasi dan hasil reaksi berdasarkan persamaan reaksi.
Laju menyatakan seberapa cepat atau lambat suatu proses berlangsung.
PERSAMAAN LAJU REAKSI
Persamaan laju dapat ditulis:
mA + nB → pC + qD
Keterangan:
A dan B ( sebelah kiri tanda panah) disebut zat pereaksi
C dan D ( sebelah kanan tanda panah) disebut zat hasil reaksi
m = koefisien zat A
n = koefisien zat B
P = koefisien zat C
q = koefisien zat D
Koefisien= menyatakan mol zat yang direaksikan atau dihasilkan (banyak atau sedikitnya jumlah zat yang direaksikan atau dihasilkan).
Contoh:
Berdasarkan persamaan reaksi berikut dapat disimpulkan: mA + nB → pC + qD
Sesuai dengan pengertian laju reaksi:
Berarti dapat disimpulkan bahwa konsentrasi A dan Konsentrasi B berkurang, karean zat A dan zat B sebagai reaktan (pereaksi) sedangkan konsentrasi zat C dan zat D bertambah karena sebagai produk (hasil reaksi).
Uji kepahaman:
Berikut adalah proses terbentuknya senyawa air, dan proses terbentuknya senyawa asam sulfat dapat terjadi di udara saat terjadinya hujan, reaksi yang terjadi di udara adalah sebagai berikut:
H2 + O2 → H2O
- SO3 + H2O → H2SO4
Berdasarkan persamaan reaksi tersebut,
1. Tuliskan zat yang termasuk pereaksi dan zat hasil reaksi.
2. Zat apakah yang mengalami pengurangan konsentrasinya dan yang mengalami penambahan konsentrasi, tuliskan penjelasan alasannya.
Untuk pertemuan berikutnya kita akan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Komentar
Posting Komentar