Sel volta

  

  Assalamualaikum....

Nama guru mapel     : Siti mayaaroh

Kelas                         : 12 IPA2

Kompetensi Dasar    : 3.3 Mendeskripsikan pengertian sel volta, komponen-komponen pada sel volta serta prinsip kerja pada sel volta.

                                   4.3. Menyebutkan komponen sel volta dan merangkai selvolta sederhana menggunakan bahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan pembelajaran : Diharapkan siswa mampu menjelaskan pengetian sel volta, prinsip kerja dan manfaat selvolta dalam kehidupan sehari-hari.






Seorang ilmuwan Itali bernama Luigi Galvani telah melakukan sebuah percobaan.

 Percobaan yang dilakukan adalah melilit dua logam yaitu kawat besi dan kawat tembaga menjadi satu. Kemudian kedua ujung yang lainnya dikenakan pada kaki kodok dan kaki kodokpun bergerak. Peristiwa itu diberi istilah listrik hewan atau “animal elektricity”.

 Percobaan galvani ini merupakan asal mula ditemukannya sel kering, sel merkuri, accu, dan sumber tenaga listrik sejenis lainnya. Percobaan galvani ini kemudian diteruskan oleh Alessandro Guiseppe Volta. Sel-sel ini pada prinsipnya mengubah energi kimia menjadi listrik. Karena itu, sel listrik yang dihasilkan disebut sel galvanic atau sel volta. 

Sel-sel penghasil energi listrik yang sekarang berada dalam tingkat pengembangan ini merupakan sumber penghasil tenaga yang sangat penting dikemudian hari untuk dapat menggantikan sumber daya energi yang tidak dapat diperbaharui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI ipa 1,XI ipa 4 Menghitung pH larutan penyannga, kelas XI Ipa

Kelas XI ipa 1, pengertian larutan penyangga

Persen massa, kelas X ipa 5