Koloid, kelas XI ipa

   Assalamualaikum anak-anaku sekalian...


Guru bidang study   : Siti Maysaroh, S.Pd

Mata pelajaran         : Kimia

Kelas                        : XI IPA2

KD                            : 3.8 Memahami dan menerapkan konsep koloid dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran        : Diharapkan siswa setelah memmpelajari konsep materi campuran dan koloid siswa dapat membedakan campuran yang tergolong koloid dan bukan koloid.

Campuarn terbagi menjadi dua sifat, yaitu bersifat homogen dan heterogen.

Campuran dikatakan homogen apabila campuran tersebut tidak dapat dibedakan antara komponen yang satu dengan yang lainnya, memiliki sifat setabil artinya tidak memisah walaupun didiamkan untuk beberapa waktu, dan tidak meninggalkan residu atau endapan dan tidak dapat disaring walau menggunakan saringan ultra, sebaliknya untuk campuran yang bersifat heterogen. 

Campuran dikatakan heterogen apabila campuran tersebut masih dapat dibedakan antara komponen yang satu dengan yang lainnya, memiliki sifat tidak setabil artinya memisah antara komponen campurannya atau ketika didiamkan untuk beberapa waktu terjadi pemisahan, meninggalkan residu atau endapan dan dapat disaring mengunakan saringan biasa atau saringan ultra.

Campuran Yang bersifat homogen lazim disebut larutan. sedangkan campuran yang bersifat heterogen dapat digolongkan menjadi koloid dan suspensi.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temukan campuran-campuran dimana campuran-campuran tersebut dapat berupa campuran homogen dan campuran heterogen. Contoh campuran homogen yaitu berupa larutan, misalnya larutan garam, sirup dan lainnya.  Contoh lainnya dari campuran homogen dapat berupa udara.  Sedangkan untuk campuran heterogen dapat berupa suspensi, misalnya campuran pasir dengan air, campuran air dengan tepung dan lainnya. Selain larutan dan suspensi terdapat campuran lain yaitu berupa koloid.

Koloid memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga kita tidak dapat terlepas dari penggunaan koloid, misalnya parfum, sampo, santan, susu, odol, cat dan lain sebagainya. Lalu apakah yang dimaksud dengan koloid itu? Apa sajakah jenis-jenis dari koloid? dan bagaimana sifat khas dari koloid tersebut?

KOLOID

Sistem koloid  merupakan suatu sistem yang keadaannya terletak antara larutan dan suspensi

Sistem Koloid terdiri atas fase terdispersi dengan ukuran tertentu dalam fase pendispersi dengan ukuran tertentu pula. Zat yang didispersikan disebut fase terdispersi, sedangkan fase yang digunakan untuk mendispersikan disebut fase pendispersi

Uji Kepahaman :

Apakah kue bolu, kerupuk , air campur santan , kopi dalam air dan air sungai  semunya termasuk koloid?, bagaimanakah cara mengenalinya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI ipa 1,XI ipa 4 Menghitung pH larutan penyannga, kelas XI Ipa

Kelas XI ipa 1, pengertian larutan penyangga

Persen massa, kelas X ipa 5