Persen massa, kelas X ipa 5

    Guru bidang study   : Siti Maysaroh, S.Pd

Mata pelajaran         : Kimia

Kelas                        : X IPA 

Materi                      : Konsep persen massa

Cp                            : Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia

Tujuan Pembelajaran: Diharapkan setelah mempelajari konsep persen massa siswa mampu menghitung persentase massa zat dalam senyawa.

Assalamualaikum....

Apa kabarnya anakku sekalian, mudah-mudahan dalam keadaan terjaga iman islamnya, semoga selalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini


A.    Persen massa unsur dalam senyawa

Dalam ilmu kimia jika anda ingin menguji kemurnian suatu senyawa anda dapat melakukannya dengan menganalisis jumlah komposisi unsur pembentuk senyawa tersebut. Hal ini biasanya dilakukan dalam bentuk persentase komposisi yang biasanya dinyatakan dalam persentase massa tiap unsur penyusunnya.

 

Ini dapat dilakukan jika anda telah mengetahui unsur apa saja yang menyusun senyawa tersebut dan anda pula telah mengetahui berapa massa molekul relative serta massa atom  relatif dari senyawa tersebut. Dimana secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:














Uji Kepahamn:
Komponen utama stalaktit adalah kalsium karbonat (CaCO3). Jika dalam 90 gram stalaktit terdapat 12 gram unsur karbon tentukan persen massa karbon dalam senyawa tersebut.
Hasil uji kepahaman yang sudah selesai dapat dikirimkan berupa foto di grup kelas belajar ya nak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI ipa 1,XI ipa 4 Menghitung pH larutan penyannga, kelas XI Ipa

Kelas XI ipa

Kelas XI ipa 1, pengertian larutan penyangga